5 Pelayanan Publik DPUPKP Diboyong ke MPP Kabupaten Sleman

Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) bertepatan dengan Hari Jadi ke 103 Kabupaten Sleman, Rabu (15/5/2019). Acara tersebut berlangsung di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Sleman diawali dengan pementasan tarian sinom parijoto. Peresmian MPP Kabupaten Sleman dilakukan dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman, penandatanganan perjanjian kerjasama dan komitmen bersama antara Pemerintah Kabupaten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi Pemerintahan terkait, serta pengguntingan pita oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di depan pintu Gedung DPMPPT Kabupaten Sleman.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengapresiasi langkah nyata Pemerintah Kabupaten Sleman. Kementerian PANRB sangat mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Sleman untuk membentuk MPP dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Bupati Sleman Sri Purnomo, mengatakan dengan adanya MPP seluruh kebutuhan masyarakat menjadi ringkas, cepat, dan transparan. Upaya pembentukan MPP tersebut juga sekaligus sebagai jawaban dalam rangka memberikan kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB) di Indonesia. Dalam pelayanannya, Pemerintah Kabupaten Sleman memiliki tagline Salimar yang merupakan kependekan dari Solusi, Aman, Lancar, Inovatif, Mudah, Akuntabel, dan Responsif.

Terdapat 20 loket dengan 103 jenis pelayanan publik dari Dinas maupun Instansi Pemerintahan di MPP Kabupaten Sleman yang siap melayani warga Sleman. Selain DPMPPT Kabupaten Sleman, terdapat 4 OPD yang terlibat dalam MPP Kabupaten Sleman, yakni DPUPKP Kabupaten Sleman, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. DPUPKP Kabupaten Sleman berada di loket 12 dengan 5 jenis pelayanan publik, yakni Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK), Sertifikat Laik Fungsi (SLF), Izin Penutupan Saluran Irigasi, Izin Penutupan Saluran Drainase, dan Izin Pemanfaatan Bagian-bagian Jalan (in gang). Sedangkan dari Instansi Pemerintahan adalah Polisi Resort Sleman, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Kabupaten Sleman, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Sleman, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang DIY, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Cabang Sleman, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Sleman, Kantor Pelayanan Pajak Daerah Pemerintah Daerah DIY di Sleman, dan Pelayanan Mobil Keliling PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Sleman, serta Gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Sleman.


Foto Suasana Soft Launching MPP Kabupaten Sleman

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :