Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip DPUPKP Kabupaten Sleman

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pegawai dihadiri 50 peserta dari pegawai lingkup DPUPKP Kabupaten Sleman bertempat di Ruang Rapat 2 C, Kamis (18/07/2019).

Acara tersebut dibuka oleh Ir. R. Sapto Winarno, MT (Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman) dilanjutkan dengan paparan materi oleh Herman Setyawan, S.Pd (Arsiparis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) tentang pengenalan arsip, pengelolaan arsip, bentuk dan media arsip, jenis-jenis arsip, dan fungsi arsip serta tes materi soal kearsipan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta mengenai arsip. Selanjutnya Rusidi, SIP, MM (Arsiparis Ahli Madya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY) memberikan materi tentang penataan arsip kacau dengan pengelolaan/rekonstruksi arsip yang meliputi persiapan (survey dan susun proposal) dan pelaksanaan penanganan (pemilahan, pemberkasan, pendiskripsian, manuver kartu/berkas, penyampulan, pengebokan, dan penyusunan daftar arsip).

Bimtek diakhiri dengan paparan materi oleh Lestari (Arsiparis Penyelia Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman) tentang penyusutan arsip yang merupakan kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan yaitu memindahkan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan yaitu memusnahkan arsip yang telah habis retensinya dan tidak memiliki nilai guna, dan penyerahan yaitu menyerahkan arsip statis oleh pencipta arsip kepada lembaga kearsipan. Selain itu juga dipaparkan mengenai tujuan penyusutan arsip, keuntungan program penyusutan arsip, dan resiko apabila tidak melakukan penyusutan arsip, serta prosedur penyusutan arsip.


Foto Suasana Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip DPUPKP Kabupaten Sleman

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :