Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Pengelolaan SPAMDes DPUPKP Kabupaten Sleman

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum Desa (SPAMDes) yang dihadiri 40 peserta yang terdiri dari perwakilan Kelompok SPAMDes, Pendamping SPAMDes, Perpamdes, dan Pamsimas bertempat di Ruang Rapat 2 C, Kamis (15/08/2019).

Acara tersebut dibuka oleh Haryadi Widodo, ST, MT (Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Dasar Permukiman) dilanjutkan dengan paparan materi oleh Ign. Sumarwoto, ST, MT (Analis Bangunan dan Perumahan Bidang Cipta Karya) tentang kebijakan pemerintah daerah dalam pengelolaan SPAMDes. Dalam sesi kedua, Priyono (Koordinator Teknis Paguyuban Air Minum Masyarakat Yogyakarta / PAMMASKARTA) memberikan paparan materi tentang pemeliharaan jaringan distribusi SPAMDes yang menjelaskan mengenai diagram skematik SPAMDes, perencanaan pipa distribusi, dan pemeliharaan jaringan perpipaan hingga penyebab kehilangan air serta cara menanggulangi kehilangan air.

Bimbingan teknis ini diakhiri dengan paparan materi oleh Nur Mujahidin Ahyariyanto (Tim Center of Excellence / CoE Water Plant) tentang manajemen keuangan untuk pengelolaan SPAMdes secara berkelanjutan. Manajemen keuangan dan akuntansi meliputi perencanaan keuangan, pengelolaan teknis (akuntansi keuangan), pengendalian biaya dan optimalisasi pendapatan, dan laporan keuangan. Selain itu juga dijelaskan mengenai pembiayaan penyelenggaraan SPAMdes yang meliputi pembiayaan prasarana dan sarana terdiri dari biaya persiapan dan perencanaan, biaya pelaksanaan fisik dan peralatan, biaya pengelolaan; dan penentuan iuran terdiri dari jenis iuran, pengelompokan pelanggan, pengelompokan penggunaan, dan air yang dikelola hingga simulasi serta contoh komponen hitung.


Foto Suasana Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Pengelolaan SPAMDes DPUPKP Kabupaten Sleman

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :