Bimtek Kearsipan DPUPKP Kabupaten Sleman

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pegawai dihadiri 30 peserta dari pegawai lingkup DPUPKP Kabupaten Sleman bertempat di Ruang Rapat 2 C, Selasa (15/06/2021).

Acara tersebut dibuka oleh Drs. R. Amperawan Kusjadmikahadi, S.T., M.T.  (Sekretaris DPUPKP Kabupaten Sleman) dilanjutkan dengan paparan materi oleh Dra. Puji Astuti (Arsiparis Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman) menegenai tata naskah dinas sesuai dengan Peraturan Bupati Sleman Nomor 5 Tahun 2012 tentang Tata Naskah Dinas yang meliputi bentuk naskah dinas, penulisan nomenklatur, penulisan titelatur jabatan, pembubuhan paraf hierarki, penulisan naskah dinas, dan penulisan alamat beserta contoh-contoh bentuk naskah dinas hingga tata cara penulisannya.

Selanjutnya Yurika, A.Md. (Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta) memberikan materi tentang penyusutan arsip yang meliputi pemindahan arsip inaktif, pemusnahan arsip, dan penyerahan arsip statis. Adapun tujuan penyusutan arsip adalah untuk menghemat tempat, peralatan serta biaya; mendayagunakan arsip dinamis sebagai berkas kerja; memudahkan pengendalian arsip yang tercipta; mempercepat dalam penemuan kembali; dan menyelamatkan arsip yang bernilai guna permanen (sekunder) serta mempunyai nilai pertanggungjawaban nasional.

Bimtek diakhiri dengan paparan materi oleh Musliichah, A.Md., S.IP., M.A. (Arsiparis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) tentang arsip vital. Arsip vital merupakan informasi terekam yang penting untuk kelangsungan dan penyusunan kembali suatu organisasi. Adapun ciri-ciri arsip vital adalah harus ada demi kelangsungan hidup organisasi; fisik dan informasinya memerlukan perlindungan dan pengamanan; fisik arsipnya tidak dapat digantikan; merupakan aset bagi organisasi; memiliki fungsi dinamis; dan diklasifikasikan sebagai arsip tingkat satu atau kelas satu. Penyimpanan arsip vital harus terhindar dari kemungkinan adanya terjadi kebakaran, banjir, buruknya kondisi gedung, banyak binatang serangga, atau gangguan-gangguan lain seperti manusia disekitarnya.


Foto Suasana Bimtek Kearsipan DPUPKP Kabupaten Sleman