Bimtek Pemutakhiran Data Mandiri pada Aplikasi MySAPK BKN

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Mandiri pada Aplikasi MySAPK BKN dengan tujuan memberikan pedoman bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) DPUPKP Kabupaten Sleman untuk memutakhirkan datanya menggunakan Aplikasi MySAPK BKN sehingga dapat mempermudah dalam menambah maupun mengubah data riwayat pribadi secara mandiri. Pelaksanaan bimtek berlangsung selama dua hari (28-29 September 2021) dengan 40 peserta setiap harinya bertempat di Ruang Rapat 2 C.

Bimtek ini dibuka oleh Taupiq Wahyudi, ST, MTP (Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman) dilanjutkan dengan paparan materi oleh Aneu Emitasari, S.Si, M.Ec.Dev (Kepala Subbidang Data dan Informasi Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan / BKPP Kabupaten Sleman), Selasa (28/09/2021). Paparan materi tersebut berisi tentang pentingnya menggunakan Aplikasi MySAPK BKN untuk memutakhirkan data secara mandiri bagi seluruh ASN, apabila tidak melaksanakannya maka akan berakibat kedepannya tidak bisa mendapatkan pelayanan kepegawaian. Pengisian data dan upload dokumen pada prinsipnya adalah pengisian data kondisi terakhir ASN dan berdasarkan data yang dimiliki.

Selanjutnya Kuncoro Widhihadmoko, ST (Analis Data dan Informasi pada Subbidang Data dan Informasi Pegawai BKPP Kabupaten Sleman) secara teknis mempraktekkan bagaimana caranya mengisi data dan mengupload dokumen di Aplikasi MySAPK BKN, diantaranya adalah riwayat ubah profil, riwayat pangkat/golongan, riwayat pendidikan, riwayat jabatan, riwayat peninjauan masa kerja, riwayat CPNS/PNS, riwayat diklat/kursus, riwayat keluarga, riwayat Sasaran Kerja Pegawai (SKP), riwayat penghargaan, riwayat organisasi, dan riwayat Cuti di Luar Tanggungan Negara (CLTN). Dalam mengupload dokumen harus memperhatikan ketentuan dari Aplikasi MySAPK BKN, yakni besaran dokumen dibawah 1 megabyte dan apabila terdapat beberapa lembar harus dijadikan 1 dokumen. Demikian juga dalam mengisi data dengan benar dan sesuai dengan data yang ada.

Dengan adanya Aplikasi MySAPK BKN diharapkan proses administrasi ASN atau BKN mengalami kemudahan baik untuk ASN itu sendiri maupun untuk BKN. Selain itu, Aplikasi MySAPK BKN juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah memudahkan ASN dalam menyimpan data atau informasi, menyampaikan informasi pribadi atau data diri langsung ke database BKN, mengubah beberapa informasi dengan lebih cepat dan mengecek kepegawaiannya di BKN serta memudahkan BKN dalam memperbarui informasi dan data milik ASN.


Foto Suasana Bimtek Pemutakhiran Data Mandiri pada Aplikasi MySAPK BKN