DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja dari DPRD dan DPUPR Kota Pekalongan

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah dalam rangka studi komparasi terkait pemeliharaan jalan dan penerbitan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) Bangunan Gedung Kabupaten Sleman, Kamis (7/11/2019).

Abdul Rozaq, S.IP (Ketua Komisi B DPRD Kota Pekalongan) dan H. Slamet Mulyo, SE, M.Si (Plt. Kepala DPUPR Kota Pekalongan) beserta rombongan disambut oleh Taupiq Wahyudi, ST, MTP (Sekretaris DPUPKP Kabupaten Sleman) didampingi Achmad Subhan, ST (Kepala Bidang Bina Marga) dan Drs. R. Amperawan Kusjadmikahadi, ST, MT (Kepala Bidang Pendataan, Pembinaan, dan Pengawasan Bangunan / P3B). Dalam sambutannya, Taupiq Wahyudi, ST, MTP menjelaskan bahwa terkait pemeliharaan jalan diampu oleh Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga yang mempunyai kegiatan rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan pemeliharaan rutin jalan. Sedangkan pernerbitan SLF Bangunan Gedung merupakan kegiatan yang diampu oleh Seksi Pendataan dan Kelayakan Bangunan Bidang P3B.

Achmad Subhan, ST menambahkan terkait jalan yang berstatus jalan kabupaten, peningkatan dan pemeliharaannya menjadi tanggungjawab DPUPKP Kabupaten Sleman. Dalam pemeliharaan jalan, DPUPKP Kabupaten Sleman memiliki AMP (Asphalt Mixing Plant) / alat pencampur aspal dan peralatan penunjang guna menanggulangi kerusakan jalan yang dikelola oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Peralatan, Laboratorium, dan Pengelolaan Aspal. Untuk pemeliharaan jalan (penambalan jalan berlubang) dikerjakan secara swakelola oleh Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan dengan kegiatan Pemeliharaan Rutin Jalan yang melibatkan Pegawai Harian Lepas (PHL) dalam pelaksanaannya. Sedangkan untuk bahan pendukung (aspal, batu pecah, dan pasir) menggunakan pihak ketiga dalam pengadaannya. Untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan jalan, DPUPKP Kabupaten Sleman memiliki 3 wilayah kerja, yakni pemeliharaan jalan sleman barat, pemeliharaan jalan sleman tengah, dan pemeliharaan jalan sleman timur. Sehingga apabila ada laporan warga melalui Aplikasi Lapor Sleman, Surat Warga Website, E-mail, sosial media, telepon, sms maupun secara lisan tentang kerusakan jalan bisa segera tertangani dengan cepat.

Drs. R. Amperawan Kusjadmikahadi, ST, MT menjelaskan terkait penerbitan SLF Bangunan Gedung, Kabupaten Sleman telah menerapkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 12.1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi. Penerbitan SLF didasarkan pada aspek persyaratan administrasi dan persyaratan teknis. Dalam aspek persyaratan teknis meliputi persyaratan arsitektur bangunan (penampilan bangunan gedung; tata ruang dalam; dan keseimbangan, keserasian, dan keselarasan bangunan dengan lingkungannya) dan persyaratan keandalan bangunan (persyaratan keselamatan; persyaratan kesehatan; persyaratan kenyamanan; dan persyaratan kemudahan) serta hasil pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan (arsitektur bangunan; struktur bangunan; dan instalasi dan perlengkapan bangunan).


Foto Suasana Kunjungan Kerja DPRD dan DPUPR Kota Pekalongan

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :