DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja dari DPU Kabupaten Banyumas

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah dalam rangka studi banding terkait mekanisme pengelolaan aset dinas (khususnya jalan, bendung/irigasi, dan utilitas umum), pengelolaan kepegawaian, dan petunjuk pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, Jumat (06/03/2020).

Dr. Ir. Irawadi, CES (Kepala DPU Kabupaten Banyumas) beserta rombongan disambut oleh Ir. R. Sapto Winarno, MT (Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman) beserta beberapa pejabat stuktural dan staf kesekretariatan. Dalam sambutannya, Ir. R. Sapto Winarno, MT menjelaskan bahwa DPUPKP Kabupaten Sleman terdiri dari 5 (lima) bidang, yakni Bidang Bina Marga, Bidang Cipta Karya, Bidang Sumber Daya Air, Bidang Perumahan, dan Bidang Pendataan, Pembinaan, dan Pengawasan Bangunan. Dalam pemeliharaan jalan khususnya aset jalan kabupaten, DPUPKP Kabupaten Sleman memiliki AMP (Asphalt Mixing Plant) / alat pencampur aspal dan peralatan penunjang guna menanggulangi kerusakan jalan yang dikelola oleh Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Peralatan, Laboratorium, dan Pengelolaan Aspal (Allabpas).

Terkait penyelenggaraan jalan daerah telah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 13 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah yang berisi status jalan daerah (jalan kabupaten dan jalan desa); penyeleggaraan jalan daerah; jalan perumahan; pemanfaatan bagian-bagian jalan daerah; izin, dispensasi, dan rekomendasi pemanfaatan jalan; hak, kewajiban, dan larangan; analisis dampak lalu lintas; leger jalan; pelaksanaan, pembinaan, dan pengawasan; ketentuan penyidikan; ketentuan pidana; dan ketentuan peralihan. Sedangkan terkait pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah telah diatur dalam Peraturan Bupati Sleman Nomor 35.2 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Keuangan Daerah yang berisi pengelolaan keuangan daerah; perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD); Pelaksanaan APBD; dan pertanggungjawaban keuangan dearah.


Foto Suasana Kunjungan Kerja dari DPU Kabupaten Banyumas

 

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :