DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja Disperum KPP Kota Surakarta

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan studi banding terkait peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kabupaten Sleman, Kamis (19/9/2019).

Saryanto (Kepala Bidang Perumahan Disperkim KPP Kota Surakarta) beserta rombongan disambut oleh Nuryanto, ST, MBA (Kepala Bidang Perumahan) beserta Wawan Heryanto, A.Md (Staf Seksi Perumahan Swadaya). Dalam sambutannya, Nuryanto, ST, MBA menjelaskan bahwa pembinaan dan stimulasi pembangunan perumahan masyarakat kurang mampu merupakan salah satu kegiatan Seksi Perumahan Swadaya Bidang Perumahan DPUPKP Kabupaten Sleman. Dalam kegiatan tersebut, peningkatan kualitas RTLH Kabupaten Sleman dilaksanakan dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sleman, Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Corporate Social Responsibility (CSR) serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman.

DPUPKP Kabupaten Sleman telah menetapkan Peraturan Kepala Dinas Nomor 188/5607/2016 tentang petunjuk teknis pemberian bantuan sosial untuk pembangunan perumahan masyarakat kurang mampu sebagai dasar untuk penanganan RTLH Kabupaten Sleman yang merujuk pada Peraturan Perubahan Nomor 12 Tahun 2013 atas Peraturan Bupati Sleman Nomor 1 Tahun 2013 tentang Hibah dan Bantuan Sosial. Dalam petunjuk teknis tersebut terdiri atas 5 Bab, yakni Ketentuan Umum yang berisi tentang pengertian, maksud, tujuan, dan lingkup; Bantuan yang berisi tentang penerima bantuan, kriteria rumah dan sanitasi tidak layak, dan besaran bantuan; Pemberian Bantuan yang berisi tentang dasar pertimbangan, persyaratan administrasi, prosedur, penyaluran bantuan, penyetoran dan pembayaran kembali dana bantuan; Pelaporan; dan Ketentuan Penutup.


Foto Suasana Kunjungan Kerja Disperum KPP Kota Surakarta

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :