DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Jepara

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah terkait pembangunan sarana dan prasarana publik dan pemukiman melalui sistem informasi dan teknologi, Jum’at (21/05/2021).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang Junarso beserta rombongan Komisi D DPRD Kabupaten Jombang disambut oleh Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman Taupiq Wahyudi, Kepala Bidang Bina Marga Achmad Subhan, Kepala Bidang Cipta Karya Sunarto, dan plt Kepala Bidang Perumahan Suwarsono beserta stafnya. Dalam sambutannya, Taupiq Wahyudi menjelaskan bahwa DPUPKP Kabupaten Sleman telah menggunakan Sistem Aplikasi Terintegrasi yang sangat efektif dalam penyusunan perencaanaan, penganggaran, dan pengelolaan keuangan hingga pengelolaan kepegawaian. Tersedianya database jalan, database drainase, database irigasi, database reklame, dan database pendataan bangunan, kedepannya dapat dikembangkan menjadi sistem informasi guna mendukung pembangunan sarana dan prasarana publik. Pada tahun 2021, Bidang Sumber Daya Air DPUPKP Kabupaten Sleman mentargetkan menyelesaikan survey jaringan irigasi dengan menggunakan aplikasi e-PAKSI. Aplikasi e-PAKSI merupakan Elektronik Pengelolaan Aset dan Kinerja Sistem Irigasi berbasis android yang pada tahapan awal dimulai dengan Pengelolaan Aset Irigasi (PAI) guna mendapatkan profil dan kondisi aset jaringan irigasi kemudian dilakukan pelaksanaan Indeks Kinerja Sistem Irigasi (IKSI) guna menilai kinerja sistem irigasi yang telah mengalami peningkatan, rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan.

Achmad Subhan menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman telah mengembangkan Sistem Aplikasi Lapor Sleman guna memberikan kemudahan bagi warga dan pemerintah untuk bisa berkolaborasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan aplikasi ini, warga diberikan kemudahan untuk memberikan laporan dalam bentuk aspirasi, saran, kritik, dan keluhan kepada pemerintah. Selain itu warga juga diberikan kemudahan untuk meminta dan mendapatkan informasi dan klarifikasi dari pemerintah kabupaten Sleman secara cepat dan nyaman. Selain mempermudah warga, pemerintah kabupaten Sleman juga dipermudah dalam memahami permasalahan yang ada di warga sehinga dapat dengan cepat melakukan perencanaan dan perbaikan permasalahan di lapangan.


Foto Suasana Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Jepara