DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja DPRD Kota Banjarbaru

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan terkait pengayaan materi terhadap raperda tentang retribusi pelayanan pemakaman, Kamis (15/04/2021).

Ketua Pansus III DPRD Kota Banjarbaru Ririk Sumari R beserta rombongan disambut oleh Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman Taupiq Wahyudi, Plt Kepala Bidang Perumahan Suwarsono, Kepala Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Taman Pemakaman Umum (TPU) Suhardono beserta stafnya. Dalam sambutannya, Taupiq Wahyudi menjelaskan bahwa Kabupaten Sleman memiliki 2 (dua) TPU yang dikelola oleh UPTD TPU, yakni TPU Seyegan dan TPU Madurejo Prambanan. Dalam masa pandemi covid-19 ini, TPU Madurejo Prambanan menyediakan area khusus untuk memakamkan jenazah yang meninggal akibat adanya virus covid-19. Selain sebagai tempat pemakaman, TPU Madurejo Prambanan juga sebagai tempat pembakaran/pengabuan mayat dengan adanya krematorium hasil kerja sama antara Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Pemda Kabupaten Sleman yang telah diresmikan pada tahun lalu.

Terkait retribusi pelayanan pemakaman, Suhardono menambahkan bahwa Pemda Kabupaten Sleman telah menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat. Dengan adanya kreamtorium sebagai prasarana dan sarana pengabuan mayat, Pemda Kabupaten Sleman menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat. Obyek retribusi TPU Kabupaten Sleman adalah pelayanan pemakaman yang meliputi pelayanan penguburan/pemakaman termasuk penggalian dan pengurukan, pembakaran/pengabuan mayat, dan sewa tempat pemakaman atau pembakaran/pengabuan mayat yang dimiliki atau dikelola Pemda Kabupaten Sleman.


Foto Suasana Kunjungan Kerja DPRD Kota Banjarbaru

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :