DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja DPRKP dan BAPPEDA Kabupaten Grobogan

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dinas Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (DPRKP) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan studi referensi terkait pengawasan bangunan yang dilaksanakan DPUPKP Kabupaten Sleman, Rabu (28/8/2019).

Suwignyo, SE, MT (Kepala Bidang Bangunan Gedung DPRKP Kabupaten Grobogan) beserta rombongan disambut oleh Ir. R. Sapto Winarno, MT (Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman) didampingi Drs. R. Amperawan Kusjatmikahadi, ST, MT (Kepala Bidang Pendataan, Pembinaan, dan Pengawasan Bangunan / P3B) beserta Th. Emilia Tristianingsih, ST, MT (Kepala Seksi Pengawasan Bangunan). Dalam sambutannya, Ir. R. Sapto Winarno, MT menjelaskan bahwa pengawasan bangunan merupakan kegiatan yang diampu oleh Seksi Pengawasan Bangunan Bidang P3B. Ruang lingkup pengawasan bangunan yang dilaksanakan DPUPKP Kabupaten Sleman adalah pengawasan bangunan belum ber-IMB dan tidak sesuai IMB; pengawasan reklame tidak berizin dan habis masa izin; dan pengawasan tower tidak berizin dan habis masa izin. Hingga saat ini, sebanyak 55 reklame di Kabupaten Sleman yang tidak berizin maupun habis masa izin telah dilakukan pembongkaran yang berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman.

Drs. R. Amperawan Kusjatmikahadi, ST, MT menambahkan, selain Seksi Pengawasan Bangunan, Bidang P3B juga terdiri dari Seksi Pendataan dan Kelayakan Bangunan dengan kegiatan penyusunan dan pengumpulan data/statistik daerah serta pelayanan Sertifikat Laik Fungsi (SLF); dan Seksi Pembinaan Jasa Konstruksi dengan kegiatan pelayanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) serta pelatihan, bimbingan teknis, dan sosialisasi bidang jasa konstruksi. Pendataan bangunan di Kabupaten Sleman, pada tahun 2019 telah mentargertkan 8 Kecamatan dari 17 Kecamatan, sedangkan 9 Kecamatan akan dilaksanakan pada tahun 2020, sehingga data bangunan di Kabupaten Sleman akan selesai pada akhir tahun mendatang.


Foto Suasana Kunjungan Kerja DPRKP dan BAPPEDA Kabupaten Grobogan

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :