DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Mahasiswa Fisipol UGM Yogyakarta

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen dan Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (14/5/2019). Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka pengayaan mata kuliah Politik Anggaran yang diampu oleh Ir. Sutrisno, MES terkait proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Luqman Abdul M. beserta 10 Mahasiswa Fisipol UGM Yogyakarta disambut oleh Ir. R. Sapto Winarno, MT (Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman) didampingi Ir. Endang Purwatiningsih (Kepala Subbagian Perencanaan dan Evaluasi). Dalam sambutannya, Ir. R. Sapto Winarno, MT menjelaskan bahwa proses penyusunan APBD Kabupaten Sleman dilakukan dalam beberapa tahap, diawali dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa, Musrenbang Kecamatan, Forum Organisasi Perangkat Dearah (OPD), Penyusunan Rencana Kerja (Renja) OPD, dan Musrenbang Kabupaten. Tahap selanjutnya adalah Penetapan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Pembahasan dan Kesepakatan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) antara Kepala Daerah (Bupati) dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) OPD dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), dan Pembahasan serta Persetujuan RAPBD dengan DPRD. Tahap terakhir adalah Evaluasi Rancangan Perda APBD, Penetapan Perda APBD, dan Penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) OPD.

Ir. Endang Purwatiningsih menambahkan bahwa dalam penyusunan DPA DPUPKP Kabupaten Sleman diampu kelompok kerja, yakni Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda). Pelaksanaan kegiatan di DPUPKP Kabupaten Sleman mengacu pada DPA berdasarkan Perda APBD Kabupaten Sleman yang telah ditetapkan. Seiring berjalannya kegiatan yang dilaksanakan, terdapat beberapa kegiatan yang masih belum optimal dalam penganggarannya, sehingga dapat dilakukan penyusunan DPA Perubahan dengan beberapa proses tahapan.

 

Setelah kunjungan ini, Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen dan Kebijakan Publik Fisipol UGM Yogyakarta diharapkan dapat mengerti secara langsung gambaran proses penyusunan APBD dan bisa memperoleh ilmu yang digunakan dalam proses pembelajarannya.


Foto Suasana Kunjungan Mahasiswa Fisipol UGM Yogyakarta

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :