Kabupaten Sleman Gelar Pelatihan Program Pansimas III Tahun 2019

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, Pemerintah Indonesia telah mengambil inisiatif untuk melanjutkan komitmennya dengan meluncurkan program nasional universal access 2019 dengan capaian target 100% akses air minum dan sanitasi bagi seluruh penduduk Indonesia. Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu andalan nasional untuk meningkatkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPKP Kabupaten Sleman Sunarto pada saat membuka Pelatihan Administratif dan Teknis Program Pamsimas III Kabupaten Sleman, Rabu (3/7/2019).

Turut hadir dalam acara ini Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY Tri Rahayu, Camat Tempel Kabupaten Sleman Setiharno, dan Satker PIP Dinas PUPKP Kabupaten Sleman.

Sunarto lebih lanjut mengatakan untuk terus meningkatkan akses penduduk perdesaan dan pinggiran kota terhadap fasilitas air minum dan sanitasi dalam rangka pencapaian target universal access air minum dan sanitasi tahun 2019, program Pamsimas dilanjutkan pada tahun 2016 hingga tahun 2019 khusus untuk desa-desa di kabupaten. Untuk Tahun Anggaran 2019 ini, yang mendapatkan program Pamsimas di Kabupaten Sleman sebanyak 25 desa, dengan perincian 20 desa yang dibiayai oleh APBN  dan 5 desa dibiayai dari APBD. “Jumlah dana yang bersumber dari APBN sebesar Rp4,9 miliar, sedangkan APBD sebesar Rp1,8 miliar,” ungkap Sunarto.

Sementara itu, Budi Waluyotomo, TA FMS Program Pamsimas DIY mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan administratif dan teknis kepada Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satlak/Unit Pelaksana Program Pamsimas di Kabupaten Sleman tentang pembangunan sarana yang berkaitan dengan sarana penyediaan air minum dan sanitasi. Jumlah peserta pelatihan berjumlah 40 orang dan narasumber dari tim fasilitator masyarakat program Pamsimas Kabupaten Sleman. (didik/bp2wdiy/ari)

Sumber: http://ciptakarya.pu.go.id/v5/berita/detail/Ciptakarya/9714/Kabupaten-Sleman-Gelar-Pelatihan-Program-Pansimas-III-Tahun-2019


Foto Narasumber Pelatihan Program Pansimas III Tahun 2019

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :