Komisi III DPRD Kota Mojokerto Studi Banding Pengelolaan Rusunawa Kabupaten Sleman

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur dalam rangka melaksanakan studi banding terkait mekanisme pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kabupaten Sleman, Selasa (29/10/2019).

Sunarto (Ketua DPRD Kota Mojokerto) beserta rombongan Komisi III DPRD Kota Mojokerto disambut oleh Nuryanto, ST, MBA (Kepala Bidang Perumahan) didampingi Drs. Panut Suharto (Kepala UPTD Rusunawa) beserta Haryanta, SE (Kepala Subbagian Tata Usaha UPTD Rusunawa). Dalam sambutannya, Nuryanto, ST, MBA menjelaskan bahwa Kabupaten Sleman memiliki 4 Rusunawa yang terdiri dari 11 twin blok terletak di 4 lokasi, yakni Rusunawa Gemawang, Mranggen, Jongke, dan Dabag. Dalam pembangunan sarana dan prasarana Rusunawa diampu oleh Seksi Perumahan Formal Bidang Perumahan, sedangkan pengelolaan Rusunawa dikelola langsung oleh UPTD Rusunawa. Untuk pemanfaatan Rusunawa telah diatur dalam Peraturan Bupati Sleman Nomor 43 Tahun 2013 tentang Pemanfaatan Rumah Susun Sederhana Sewa.

Drs. Panut Suharto menambahkan, dalam perencanaan pengelolaan Rusunawa di 4 lokasi tersebut meliputi pemeliharaan bangunan rusunawa; pemeliharaan listrik dan elektronik; pengadaan peralatan kebersihan dan pertamanan; pengadaan pegawai tidak tetap harian sebagai petugas keamanan, petugas kebersihan dan pertamanan, tukang listrik, dan tenaga administrasi kantor; dan belanja pemeliharaan peralatan kantor, belanja alat tulis kantor dan jasa kantor, serta kebutuhan belanja lainnya.

Rombongan DPRD Kota Mojokerto kemudian menuju Rusunawa Jongke yang berlokasi di Pedukuhan Jongke, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman untuk melihat secara langsung pelaksanaan teknis pengelolaan dan bangunan Rusunawa Kabupaten Sleman. Studi banding ini juga sebagai bahan pertimbangan bagi DPRD Kota Mojokerto untuk pengelolaan Rusunawa di daerahnya.


Foto Suasana Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kota Mojokerto

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :