Pembinaan Kearsipan DPUPKP Kabupaten Sleman

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman mengadakan Pembinaan Kearsipan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pegawai dihadiri 36 Pejabat Struktural DPUPKP Kabupaten Sleman bertempat di Ruang Rapat 2 C, Senin (21/10/2019).

Acara tersebut dibuka oleh Ir. R. Sapto Winarno, MT (Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman) dilanjutkan dengan paparan materi oleh Dra. Puji Astuti (Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman) tentang pengenalan arsip, pengelolaan arsip, fungsi arsip, penataan arsip, hingga penyusutan arsip. Selain itu juga dijelaskan mengenai 6 nilai arsip yang disingkat ALFRED, yakni Administrative value (nilai administrasi), Legal value (nilai hukum), Fiscal value (nilai keuangan), Research value (nilai penelitian), Educational value (nilai pendidikan), dan Documentary value (nilai dokumentasi).

Kabupaten Sleman telah menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kearsipan. Dalam peraturan tersebut, Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dalam menyelenggarakan kearsipan mempunyai tugas: menyusun kebijakan kearsipan daerah; menyusun program arsip vital; mengelola arsip dinamis inaktif yang memiliki retensi sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan usaha Milik Daerah (BUMD), dan Pemerintah Desa; melaksanakan pembinaan kearsipan terhadap OPD, BUMD, Pemerintah Desa, dan masyarakat; melaksanakan pengendalian dan pengawasan kearsipan; melaksanakan pemusnahan arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna atau arsip yang memiliki retensi sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun sesuai Jadwal Retensi Arsip (JRA); melaksanakan pengelolaan arsip statis yang diterima dari OPD, BUMD, pemerintah desa, dan masyarakat; dan melaksanakan pengembangan SDM kearsipan.


Foto Suasana Pembinaan Kearsipan DPUPKP Kabupaten Sleman

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :