Penerimaan Kunjungan Kerja DPRD dan DPU Kabupaten Semarang dengan Prokes Ketat

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kajian dan pendalaman bidang tugas khususnya Bidang Sumber Daya Air, Selasa (02/03/2021). Dalam menerima kunjungan kerja pada masa pandemi covid-19, DPUPKP Kabupaten Sleman menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan mewajibkan tamu dari luar daerah membawa hasil swab negatif, memakai masker, manjaga jarak, menjaga kebersihan diri, membatasi jumlah personal dalam ruangan dan lama berkunjung dengan waktu yang telah ditentukan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Semarang, M. Jauhari Mahmud, S.HI dan Sekretaris DPU Kabupaten Semarang, Ir. Supratmono, MT beserta rombongan disambut oleh Plt Sekretaris DPUPKP Kabupaten Sleman, Drs. R. Amperawan Kusjadmikahadi, ST, MT dan Kepala Bidang Sumber Daya Air, Muhammad Arif Asnawi, S.Si, MM beserta stafnya. Dalam sambutannya, Drs. R. Amperawan Kusjadmikahadi, ST, MT menjelaskan bahwa Bidang Sumber Daya Air yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, membina, mengendalikan pembangunan dan rehabilitasi sumber daya air terdiri dari 3 (tiga) seksi, yakni Seksi Perencanaan Teknis dan Pembinaan Sumber Daya Air, Seksi Pembangunan dan Peningkatan Sumber Daya Air, dan Seksi Rehabilitasi dan Pengendalian Sumber Daya Air. Selain itu, terkait dengan pelayanan operasi dan pemeliharaan sumber daya air diampu oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan Sumber Daya Air (UPTD PSDA) yang terbagi menjadi 3 (tiga) wilayah, yakni UPTD PSDA Wilayah Barat, UPTD PSDA Wilayah Tengah, dan UPTD PSDA Wilayah Timur.

Penyusunan program dan kegiatan DPUPKP Kabupaten Sleman telah menyesuaikan dengan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah serta Kepmendagri Nomor 050-3798 Tahun 2020 tentang hasil verifikasi dan validasi pemutakhiran klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Terkait sumber daya air, terdapat 9 (sembilan) sub kegiatan, yakni rehabilitasi embung dan penampungan air lainnya, normalisasi/restorasi sungai, pembangunan infrastruktur untuk melindungi mata air, pembinaan dan pemberdayaan kelembagaan pengelolaan sumber daya air kewenangan kabupaten, evaluasi dan rekomendasi teknis pemanfaatan sumber daya air wilayah sungai kewenangan kabupaten, koordinasi dan sinkronisasi peningkatan kapasitas kelembagaan pengelolaan sumber daya air kewenangan kabupaten, penyusunan rencana teknis dan dokumen lingkungan hidup untuk konstruksi irigasi dan rawa, peningkatan jaringan irigasi permukaan, dan rehabilitasi jaringan irigasi permukaan.

Pada tahun 2021, Bidang Sumber Daya Air DPUPKP Kabupaten Sleman mentargetkan menyelesaikan survey jaringan irigasi dengan menggunakan aplikasi e-PAKSI. Aplikasi e-PAKSI merupakan Elektronik Pengelolaan Aset dan Kinerja Sistem Irigasi berbasis android yang pada tahapan awal dimulai dengan Pengelolaan Aset Irigasi (PAI) guna mendapatkan profil dan kondisi aset jaringan irigasi kemudian dilakukan pelaksanaan Indeks Kinerja Sistem Irigasi (IKSI) guna menilai kinerja sistem irigasi yang telah mengalami peningkatan, rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan. Data dari hasil survey e-EPAKSI merupakan salah satu syarat teknis dalam pengusulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sumber Daya Air Tahun Anggaran 2022 dan bertujuan untuk menyempurnakan database jaringan irigasi.


Foto Suasana Kunjungan Kerja DPRD dan DPU Kabupaten Semarang

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :