Sarasehan Gerakan Irigasi Bersih Kabupaten Sleman Tahun 2019

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Sarasehan Gerakan Irigasi Bersih (GIB) Kabupaten Sleman Tahun 2019 bertempat di Halaman Parkir Sisi Timur Jogja Exotarium, Dusun Mulungan Kulon, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman pada hari Senin (30/09/2019).

Sarasehan GIB Kabupaten Sleman Tahun 2019 dihadiri 350 peserta tamu undangan, diantaranya dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY, Perangkat Kecamatan Mlati, Perangkat Desa Sendangadi, Polsek Mlati, Koramil Mlati, Pengurus / Anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) maupun Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) / Komunitas / Organisasi Masyarakat yang peduli tentang sumber daya air.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPKP Kabupaten Sleman, Muhammad Arif Asnawi, S.Si, MM selaku ketua panitia memberikan sambutan mengenai rangkaian kegiatan GIB dengan cara gotong royong membersihkan saluran irigasi yang telah dilaksanakan dua kali pada tahun 2019, yakni pada tanggal 17 Maret 2019 dan tanggal 15 September 2019 yang melibatkan P3A / GP3A se-Kabupaten Sleman dan Sarasehan GIB yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan GIB Kabupaten Sleman. Pelaksanaan GIB Kabupaten Sleman telah diatur dalam Peraturan Bupati Sleman Nomor 43 tahun 2015 tentang Gerakan Irigasi Bersih.

Sekretaris DPUPKP Kabupaten Sleman, Taupiq Wahyudi, ST, MTP berkesempatan dalam membuka acara Sarasehan GIB Kabupaten Sleman Tahun 2019 dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa Peringatan GIB Kabupaten Sleman Tahun 2019 mengangkat tema “Irigasi Bersih Pangkal Kemakmuran” yang sangat menarik karena perkembangan penduduk yang semakin banyak maka sampah akan semakin meningkat juga. Hal ini menjadi tugas kita bersama untuk ikut menjaga jaringan / saluran irigasi dari sampah agar irigasi bersih, air menjadi lancar dapat dimanfaatkan secara optimal, saluran tetap dalam kondisi terpelihara sehingga produksi padi akan lebih terjamin dalam rangka pencapaian kedaulatan pangan, masyarakat akan terpenuhi kebutuhan pokok terutama pangan, dan pada akhirnya menjadikan kemakmuran di bidang pangan.

Secara umum GIB bertujuan untuk melakukan edukasi dan pemberdayaan masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan hidupnya dengan mengenalkan budaya hidup bersih. Secara khusus GIB bertujuan melakukan edukasi dan pemberdayaan masyarakat dengan cara melakukan gerakan belajar bersama antar pelaku untuk mempunyai budaya hidup bersih dan melakukan manajemen sampah secara berkelanjutan, menyusun suatu konsep partisipasi masyarakat dan pemerintah kabupaten/provinsi dalam melakukan gerakan irigasi bersih sebagai bagian dari tindakan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi yang menjadi kewenangan masing-masing pihak, dan melakukan pembersihan dan menjaga jaringan irigasi tetap bersih di Kabupaten sleman sebagai bagian tindakan Operasi dan Pemeliharaan irigasi setelah berkoordinasi dengan para pihak dalam pengelolaan irigasi sebagai gerakan partisipatif masyarakat dan berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan GIB Kabupaten Sleman Tahun 2019 ini ditutup dengan sarasehan dengan moderator Ir. Arip Pramana, MT (Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sleman) dan dua narasumber. Narasumber tersebut adalah DR. Ir. Murtiningrum, M.Eng dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang memaparkan tentang pengelolaan jaringan irigasi dengan memberikan edukasi serta pemberdayaan masyarakat tentang pengendalian sampah dan Ir. Dwi Anta Sudibya, MT (Kepala Dinas Lingkungan Hidup / DLH Kabupaten Sleman) yang memaparkan kebijakan-kebijakan DLH Kabupaten Sleman dalam menjaga kualitas maupun kuantitas air, pengelolaan limbah cair maupun padat, potensi pencemaran, gerakan kebersihan, gerakan menanam, serta sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terjaga kelestariannya.


Foto Suasana Sarasehan Gerakan Irigasi Bersih Kabupaten Sleman Tahun 2019

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :