Sayembara Desain Pasar Godean Umumkan Juaranya

Pemenang Sayembara Desain Pasar Godean diumumkan pada Rabu (16/09/2020) melalui penjurian akhir yang dilaksanakan di Sleman Smart Room. Penjurian dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Sleman, dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY, serta Sri Purnomo, Bupati Sleman.

Pemenang dari Sayembara Desain Pasar Godean ini adalah peserta dengan kode PGD128, yang terdiri dari 4 anggota. Hadiah yang didapat uang tunai sejumlah Rp100 Juta. Hal yang unik, keempat anggota ini ternyata belum pernah bertatap muka secara langsung karena terpisah oleh jarak yang cukup jauh. Masing-masing berdomisili di London, Singapura, Batam dan Magelang.

Menurut Raden Rara Mae Rusmi Suryaningsih, Kepala Disperindag Kabupaten Sleman nantinya pemenang akan mendampingi dalam penyusunan Detail Engineering Design (DED) serta proses pembangunan revitalisasi Pasar Godean mendatang.

Mae mengungkapkan bahwa desain dari pemenang merupakan yang terbaik dan paling memenuhi kriteria yang ada.

“Konsep bangunan sesuai dengan apa yang menjadi kehendak dari semua pihak, mulai dari masukan dari pedagang hingga konsep arsitektur,” ujar Mae.

Ditambahkan Jatmika Adi Suryabrata, Ketua Juri dari dari IAI, desain oleh pemenang memenuhi kriteria teknis, mencakup keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Selain itu, desain juga disebut memberikan nilai tambah pada bangunan pasar itu sendiri, supaya tidak sekadar menjadi tempat untuk berjual-beli. Dengan desain yang baru, memungkinkan adanya kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan di Pasar Godean nantinya, seperti pameran, pertunjukan, dan lainnya.

“Harapannya pasar dapat hidup selama 24 jam,” ujar Jatmika. Jatmika juga berharap Pasar Godean nantinya tidak hanya menjadi tempat berbelanja, namun juga menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat.

Eko Prawoto, salah satu Juri dari IAI juga berpendapat bahwa desain ini secara ekspresi arsitektural menunjukkan keterkaitan dengan budaya lokal namun juga ada sentuhan modern di dalamnya. Hal tersebut terlihat dari adanya urban space, alun-alun kecil, dan pendopo yang multifungsi di area Pasar Godean yang baru ini.

“Ada referensi atas nilai-nilai klasik Jawa dengan setting yang baru,” tutur Eko.

Pembangunan revitalisasi Pasar Godean ini rencananya dimulai pada awal 2021 dengan anggaran berkisar Rp83,577 miliar. (Rep Ami)

Sumber: https://mediacenter.slemankab.go.id/sayembara-desain-pasar-godean-umumkan-juaranya/

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :