Sosialisasi Implementasi Pemanfaatan Sertifikat Keterampilan (SKT)

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman mengadakan Sosialisasi Implementasi Pemanfaatan Sertifikat Keterampilan (SKT) yang dihadiri peserta dari beberapa Penyedia Jasa Konstruksi Kabupaten Sleman bertempat di Ruang Rapat 2 C, Selasa (10/09/2019).

Acara tersebut dibuka oleh Ir. R. Sapto Winarno, MT (Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman) dilanjutkan dengan paparan materi oleh Drs. R. Amperawan Kusjadmikahadi, ST, MT (Kepala Bidang Pendataan, Pembinaan, dan Pengawasan Bangunan) tentang Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman dalam menyelenggarakan pembinaan jasa konstruksi dengan cara menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi tenaga trampil konstruksi sebagai amanah dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi Pasal 8 Point a yang berbunyi Kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota pada urusan Jasa Konstruksi meliputi penyelenggaraan pelatihan tenaga terampil konstruksi dan Pasal 70 Ayat 2 yang berbunyi Setiap Pengguna Jasa dan/atau Penyedia Jasa wajib memperkerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

Bimbingan teknis ini diakhiri dengan paparan materi oleh Nur Widhianto, SE, MPS, M.Eng (Kepala Subbagian Administrasi Pembangunan pada Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman) tentang Sertifikasi Kompetensi Kerja yang merupakan proses pemberian sertifikat kompetensi melalui uji kompetensi sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia, standar internasional, dan/atau standar khusus yang pada akhirnya diterbitkan Sertifikat Kompetensi Kerja oleh lembaga sertifikasi profesi sebagai bukti pengakuan kompetensi tenaga kerja konstruksi.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para Penyedia Jasa Konstruksi Kabupaten Sleman dapat  memperkerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja sehingga asas penyelenggaraan Jasa Konstruksi dapat terwujud, yakni kejujuran dan keadilan, manfaat, kesetaraan, keserasian, keseimbangan, profesionalitas, kemandirian, keterbukaan, kemitraan, keamanan dan keselamatan, kebebasan, pembangunan berkelanjutan, dan wawasan lingkungan.


Foto Suasana Sosialisasi Implementasi Pemanfaatan Sertifikat Keterampilan (SKT)

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :