Sosialisasi RPP dan DED KOTAKU Kabupaten Sleman

Bidang Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Sleman mengadakan Sosialisasi RPP (Rencana Penataan Permukiman) dan DED (Detail Engineering Design) KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), Kamis (6/10/16).

Tujuan sosialisasi tersebut adalah finalisasi dokumen untuk menyatukan sudut pandang, tentang kesepakatan dokumen, agar fisik yang dikerjakan sesuai dengan harapan dan menentukan skala prioritas apabila pendanaan dari Pemda Sleman kurang mencukupi.

Selain dari Pemda Sleman, diharapkan Desa bisa berpartisipasi dalam pendanaan program tersebut melalui Dana Desa.

Penanganan kumuh tidak hanya berupa infrastruktur saja, akan tetapi sosial ekonomi juga perlu diperhatikan, dan diharapkan mempertahankan nilai-nilai luhur / kebiasaan / adat yang baik.

Berdasarkan SK Bupati Sleman No.83/Kep.KDH/A/2014 tentang Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan, ditetapkan 45 lokasi kawasan permukiman kumuh perkotaan yang tersebar di enam kecamatan, yakni Kecamatan Depok,  Mlati,  Gamping,  Ngemplak, Ngaglik dan Godean, dengan luasan keseluruhan sebesar 41,4 hektare. Dari 45 lokasi tersebut terbagi dalam tiga prioritas kawasan permukiman kumuh, yaitu prioritas tinggi sebanyak 19 lokasi, prioritas sedang sebanyak 25 lokasi dan prioritas rendah sebanyak 1 lokasi.

Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan, Pemkab Sleman mengacu pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011, dengan pola penanganan kumuh meliputi pencegahan melalui pengawasan dan pengendalian, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan kualitas berupa pemugaran, peremajaan dan pemukiman kembali.

Sampai dengan tahun 2016, sesuai SK Bupati Sleman penganganan kawasan kumuh telah dilakukan di enam Kecamatan, yang terdiri dari RPP 29 lokasi dan DED 14 dokumen.


Foto Sosialisasi RPP dan DED KOTAKU Kabupaten Sleman

Bagikan Halaman / Postingan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *