Surat Warga

Silahkan mengisi fasilitas komunikasi Surat Warga ini. Mohon masukan dan pertanyaan disampaikan secara bijak dengan kata-kata yang baik. Seluruh komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Komentar yang berupa spam, kata-kata kotor, link tidak bermanfaat, tidak akan ditampilkan.

Untuk komentar yang bersifat keluhan atau pertanyaan dan memerlukan jawaban, akan segera ditanggapi, kecuali keluhan atau pertanyaan yang memerlukan koordinasi dengan instansi yang berwenang.

Bagikan Halaman / Postingan ini :

205 thoughts on “Surat Warga”

  1. Kepada
    Yth. Kepala Dinas PU Kab.Sleman

    Perihal : perbaikan jalan di wilayah RT.09/RW.03, Nologaten, Caturtunggal, Depok

    Kami selaku pengurus RT.09/RW.03, Nologaten, Caturtunggal, Depok, memohon perhatian atas kerusakan jalan negara di wilayah kami .
    Adapun nama jalan yang dimaksud, di peta Google bernama Jl. Puluhdadi Sulipto, namun di RW kami namanya Jl. Blimbing Wuluh. Lokasi tepatnya di belakang ( sebelah utara ) Ambarrukmo Plasa dan merupakan jalan alternatif penting yang menghubungkan Amplas, pasar desa Caturtunggal ( pasar Gowok ) ke utara hingga Selokan Mataram dan Ringroad Utara ( Jalan Pajajaran ).
    Semula jalan tersebut adalah jalan kampung dengan lebar antara 10-15 meter, namun sejak lk 15 tahun yang lalu diambilalih pemerintah (Propinsi/Kabupaten=? ).
    Permasalahannya : banyak bagian jalan yang ambles karena padat dilalui kendaraan dari roda 2, roda 4 sampai angkutan truk, juga rusaknya pondasi saluran pengairan, menyebabkan bagian jalan di wilayah kami banyak ambles di beberapa titik, serta jalan mulai berlobang di beberapa titik di wilayah RW.03
    Usaha yang kami lakukan : – swadaya menutup memperbaiki jalan dengan biaya warga
    – bantuan dari manajemen Amplas ( yang juga mempunyai kepentingan akses jalan )
    – melaporkan ke pemerintah desa Caturtunggal dan pemerintah desa sudah melaporkan ke
    Kecamatan Depok, dengan surat no. 422/0368, dan sempat di tinjau oleh petugas atas
    laporan tersebut
    Namun usaha tersebut di atas hanya sementara dan kerusakan terus bergeser mengikuti jalur pengairan. Dan laporan tersebut entah kapan baru ditindak lanjuti. Sementara kemampuan kami juga sangat terbatas, padahal kerusakan tersebut sangat berbahaya bagi pengguna jalan negara.
    Melalui surat ini mohon perhatian dari Dinas PU Kabupaten Sleman agar dapat segera menindak lanjuti laporan kami, dan meninjau kondisi lapangan jalan negara di wilayah kerjanya. Perlu kami sampaikan, selama jalan tersebut diambil alih kerusakan-kerusakan kecil kami berswadaya, dalam hal ini pemerintah belum pernah melakukan pengaspalan ulang atau menambal lobang-lobang yang bermunculan.
    Sekian pelaporan/permohonan perhatian ini kami sampaikan. Atas perhatian dan budi baik pemerintah kami ucapkan matur sembah nuwun..

    Salam
    Indro M Kusumo
    Ketua RT.09/RW.03, Nologaten

    1. Perlu kami sampaikan bahwa status jalan ada beberapa, diantaranya jalan nasional, jalan propinsi, jalan kabupaten, jalan desa, dan jalan lingkungan. Untuk Jl. Blimbing Wuluh tersebut merupakan jalan desa, bukan menjadi wewenang DPUPKP Kabupaten Sleman. Yang menjadi wewenang / tanggungjawab DPUPKP Kabupaten Sleman adalah jalan kabupaten, sedangkan untuk jalan dengan status jalan lebih rendah (jalan desa / jalan lingkungan) ada di Desa yang bersangkutan.
      Apabila nanti Jl. Blimbing Wuluh tersebut telah masuk (disetujui) dalam SK Jalan Kabupaten (dalam proses) mendatang, maka akan ditindaklanjuti untuk pemeliharaan jalannya, terimakasih.

  2. Kapada yth bpk/ibu dinas tetkait
    Untuk pengerjaan jalan di desa suruh sampai desa singlar glagaharjo sleman kapan mau di mulai? Sudah 7 tahun belum ada penanganaan. Terimakasih

    1. Terima kasih atas informasinya, Ruas jalan tersebut termasuk Ruas Jalan Kabupaten dan telah direncanakan pengerjaannya pada tahun ini (2018). Saat ini sedang proses lelang, apabila proses lelang telah selesai, segera di mulai pengerjaan jalannya.
      Demikian atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

      1. Terimakasih tangapan dan responnya bpk/ibu terkait.. Jalan itu menuju tempat wisata nglangon dan ziarah ke makam mbh marijan. Dipakai juga untuk masyarakat sekitar untuk aktifitas sehari2..banyak masyarakat yang menggunakan jalan itu.

  3. Kepada Yth. Bapak Kepala Dinas PUPKP Sleman

    Di sepanjang selokan Mataram kalau ada pedagang kaki lima mohon ditertibkan, terutama yang menuju jalan gejayan, mengganggu pemandangan, dan lalu lintas sangat krodit, tidak berijin, dulu sekali pernah ditertibkan semua yang berdagang liar. Mohon ditegakkan peraturan perundangan yang mengatur tentang itu.

    Matur nuwun.

    1. Terimakasih atas informasinya.
      Mengenai hal tersebut, telah kami sampiakan / teruskan ke Dinas terkait, yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman
      Dengan alamat Jalan Parasamya Beran Tridadi Sleman 55511 Telepon (0274) 868506, Faks.(0274) 868506, website: satpolpp.slemankab.go.id / email: satpolpp@slemankab.go.id
      Demikian atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

  4. Yth.
    Kepala Dinas PUPKP Kab. Sleman

    Menginformasikan bahwa di sepanjang jalan Argopura, TIyasan, Condong catur, Sleman (7°44’18.0″S 110°23’55.1″E) sering terjadi banjir dan air masuk rumah warga.
    Hal ini dikarenakan sistem drainase / gorong-gorong tidak bekerja sebagaimana mestinya.
    Dan air dari atas (jl. Sidomukti, Jl. Matematika, Sawah) mengalir lewat jalan.
    Mohon dibantu cek dan mohon perbaikannya.
    Terimakasih sebelumnya.

    Victor Dian Kurniawan
    Jl. Argopura No 17.

    1. Terima kasih atas informasi yang disampaikan kepada kami, terkait luapan air hujan di Jalan Sidomukti dan Jalan Matematika telah kami cek lokasi, dan memang belum terbangun saluran drainase yang terintegrasi di lokasi tersebut. Dikarenakan kegiatan pembangunan termasuk pembangunan drainase baru ditetapkan melalui mekanisme Musrenbang, untuk itu saudara dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat melalui Pengurus RT/RW dan Kepala Dusun setempat untuk mengusulkannya melalui Musrenbang Tingkat Desa.
      Demikian atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

  5. Kepada Yth. :
    Bapak Kepala Dinas PUPKP
    Kabupaten Sleman

    Assalamualaikum Wr. Wb

    DH,

    Di web DPUPKP Kab Sleman, perihal Permohonan Informasi Tata Ruang, tercantum :
    Download Informasi Tata Ruang (ITR)

    tetapi saya coba berkali kali untuk mendownload nya kenapa yang muncul adalah
    laman Desa Argomulyo ????

    Apakah ini kesengajaan yang dipaksakan atau kah apa ?

    Mohon klarifikasinya.

    Terimakasih

    Wassalamualaikum Wr. Wb

    Hormat saya,

    Fatah Triyatna, Ir.

    1. Wa’alaikumsalam wr. wb.
      Terimakasih atas informasinya, link tersebut sudah diperbaiki.
      Mohon maaf, website Dinas berganti alamat dari dpup.slemankab.go.id menjadi dinpupkp.slemankab.go.id sehingga ada link yang mungkin belum diganti dan menuju ke link data yang lama atau link error.
      Pada tahun 2016, kewenangan Informasi Tata Ruang (ITR) menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan.
      Namun pada tahun 2017 hingga sekarang, menjadi kewenangan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) yang beralamatkan di Jalan Magelang Km. 10, Kelurahan Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511 | Telp. (0274) 868548, 868405 | email: pertaru@slemankab.go.id | website: pertaru.slemankab.go.id
      Wassalamu’alaikum wr. wb.

      1. terima kasih yang luar biasa banyak atas quick respon dari DPUPKP Sleman atas keluhan saya.
        Semoga kebaikan akan selalu menyertai Pemerintah Kabupaten Sleman menuju ke masa datang.

        Formulir Permohonan Informasi Tata Ruang (walau versi lama) sudah terpampang lagi dan langsung saya download..

        sekali lagi, terima kasih….

  6. Yth.
    Kepala Dinas PUPKP Kab. Sleman

    Terkait dengan rencana kami ingin mendirikan bangunan dan kebetulan lahan/lokasi yang akan didirikan bangunan tersebut berbatasan dengan parit yang saat ini sudah tidak berfungsi lagi, dengan sudah tidak berfungsinya parit apakah kami bisa mengurus IMB nya atau masih diwajibkan mengurus rekomendasi dari dinas PUPKP. Kalau kami diwajibkan mengurus rekomendasi tersebut, syarat-syarat yang harus kami penuhi apa saja ya Bapak.

    Terimakasih

  7. Yth. Kepala Dinas PU dan Staf

    Bersama ini kami sampaikan, bahwa kondisi Jl. Bandeng Raya Minomartani Sleman, setelah hujan beberapa waktu ini ada yang amblong (amblas). Menurut perkiraan kami kondisi ini terjadi karena kurang padatnya tanah saat menutup proyek gorong-gorang 3 th lalu.
    Mohon kiranya dapat dilakukan perbaikan jalan tersebut demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.
    Demikian pemberitahuan dan permohonan dari kami, semoga berkenan dan ada solusi terbaik di lingkungan kami.

    Terima kasih.

    1. Terimakasih atas partisipasinya. Perlu kami sampaikan bahwa status jalan ada beberapa, diantaranya jalan nasional, jalan propinsi, jalan kabupaten, jalan desa, dan jalan lingkungan. Untuk Jl. Bandeng Raya Minomartani Sleman tersebut merupakan jalan lingkungan, bukan menjadi wewenang DPUPKP Kabupaten Sleman. Yang menjadi wewenang / tanggungjawab DPUPKP Kabupaten Sleman adalah jalan kabupaten, sedangkan untuk jalan dengan status jalan lebih rendah (jalan desa / jalan lingkungan) ada di Desa yang bersangkutan.

  8. keluhan mengenai Rehab/Pemeliharaan Jalan Gondang – Mancasan, kec seyegan kab Sleman.

    kemarin sore telah terjadi kecelakaan tunggal karena tumpukan material batu &pasir di tepi jalan ,kondisi di lokasi kejadian tidak ada tanda rambu pengaman&kondisi jln gelap tdk ada penerangan, korban saat ini ada di rsud sleman.
    trus ini bgmana ya pertanggung jawaban dari pihak yg terkaitt?
    saya berharap
    semoga kejadian ini tidak terulang kembali

    1. Terimakasih atas laporannya. Mohon maaf sebelumnya bahwa jalan tersebut masih dalam pekerjaan dan akan kita tindaklanjuti dengan koordinasi ke Pelaksana Pekerjaan, dan akan ditindaklanjuti oleh Pelaksana Pekerjaan. Untuk rambu segera kami perintahkan untuk dapat dipasang.

  9. yth. bapak kepala PU,
    apakah di benarkan warga di tarik iuran guna perbaikan jalan ( pengaspalan ) di dusun babadan baru kelurahan condong catur

    1. Terimakasih atas partisipasinya. Perlu kami sampaikan bahwa status jalan ada beberapa, diantaranya jalan nasional, jalan propinsi, jalan kabupaten, jalan desa, dan jalan lingkungan. Untuk tanggungjawab DPUPKP Kabupaten Sleman adalah jalan kabupaten, sedangkan untuk jalan dengan status jalan lebih rendah (jalan desa / jalan lingkungan) ada di Desa yang bersangkutan. Masalah iuran perbaikan jalan, kita kembalikan kepada bentuk kepentingan dari iuran tersebut.

  10. mohon informasi awal tata ruang tanah dg koordinat 7 derajat 47’14″S dan 110 derajat 27’14.53″T sebelum diajukan secara resmi melalui formulir..

    1. Untuk informasi tata ruang, pada tahun 2017 menjadi kewanangan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Kabupaten Sleman / pertaru.slemankab.go.id
      Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *